Minggu, 23 Januari 2011

5 Target Sasaran dalam Mempengaruhi orang Lain

Dalam diri manusia ada 5 titik kelebihan yang telah di beri nikmat oleh Tuhan, Tapi 5 Hal itu bisa menjadi kelemahan bila tidak di kontrol dengan baik. Lima Hal itu adalah:

  • Mata ( Visual )
  • Telinga ( Audiotory )
  • Kulit / Perasaan ( Kinesthetic )
  • Penciuman
  • Lidah / Mengecap
Untuk mempengaruhi orang lain kita harus mempengaruhi 5 panca indera ini dengan cara memberi kenyamanan pada ke lima panca indera. Informasi yang akan di terima panca indera akan membentuk semacam imijinasi ( gambaran ) di pikiran yang akan menghasilkan sebuah penilaian tentang apa yang di lihat , di dengar , di rasa , di cium , di ecap.Penilaian yang di hasilkan inilah yang ingin kita capai dengan cara mempengaruhi ke lima panca indera tadi

Contoh :

< Mata > Ketika kita berprofesi sebagai seorang montir otomotif yang profesional , agar kita di percaya bahwa kita adalah seorang montir otomotif profesional tentu kita harus terlihat berpakaian seperti orang montir yang profesional. Pakaian kerja kita mungkin ada sedikit peralatan montir seperti obeng. pakai sepatu safety dan mengenakan asesoris atau atribut yang biasa di pakai seorang montir otomotif

Tentu saja orang tak akan percaya bahwa kita adalah seorang montir otomotif profesional kalau kita mengenakan pakaian jas, Maskulin. Sepatu semir hitam mengkilap. Pakai Tas kerja orang kantoran lagi. ( Gak Matching namanya )

< Telinga > Sampaikan pesan pesan anda dalam mempengaruhi orang lain Senyaman mungkin. Hindari kata - kata seperti tidak, tapi , terusterang aja!!...dll

< Kulit > Dalam mempengaruhi orang lain Faktor ini juga sangat penting. Buat orang se Rileks mungkin ketika kita berkomunikasi, tempat yang nyaman , sejuk , akan mempermudah kita dalam mempengaruhi orang lain. Bahkan ketika bersalaman tangan kita yang lembut tapi tegas juga memberi citra diri kita nyaman pada lawan bicara kita

< Penciuman > Ini Tentu berhubungan dengan Aroma, Baik aroma tubuh kita , Lingkungan tempat kita berkomunikasi ini juga mempengaruhi kualitas komunikasi kita dengan lawan bicara kita. Bayangkan ketika lawan bicara kita mencium aroma tubuh kita yang fresh karena fresh cologne yang kita pakai, secara tidak kasat mata akan membuat pembicaraan akan terasa segar. Makanya sering kali para negosiator profesional bisa mempunyai pengharum / parfum tubuh untuk pagi, siang, sore atau malam dengan harum yang berbeda untuk memberikan suasana yang tepat sesuai dengan situasi kondisinya

< Lidah > Yang ini jarang di sadari dalam mempengaruhi orang lain, padahal ini juga sangat efektif sekali dalam membina hubungan baik dengan relasi kita. Benar, MAKANAN. Makanan bisa Menjadi sarana yang baik dalam mempengaruhi orang yang kita target, apa lagi kalau kita tahu makanan kesukaan nya. 60 % - 85% Orang pada umumnya akan berat menolak penawaran kita bila mereka sudah merasakan makanan yang kita berikan

Insya ALLAH pengetahuan ini bisa membantu teman - teman dalam mempengaruhi orang lain

Author - Lukman Ahmad Hidayat

Salam Mind & Soul Provocator


Tidak ada komentar:

Posting Komentar